Kamis, 15 Oktober 2015

Contoh PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


PROPOSAL
 PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
MELALUI STRATEGI KARTU BERPOINT
 DAN SKENARIO MATERI PEMBELAJARAN
DI KELAS VIII.3 SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI SELATAN
(Pada Tema 1 : Keunggulan Lokasi Dan Kehidupan Masyarakat Indonesia )




OLEH PENELITI :
SARIONO, S. Pd
NIP. 19771218 200502 1 002









DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN WAKATOBI
SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI SELATAN
BAB I 
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah

      Salah satu unjung tombak yang berperan menentukan sasaran pencapaian tujuan pendidikan nasional adalah berada di tangan guru yang melaksanakan pembelajaran. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kelas, guru bukan tidak memiliki sejumlah masalah. Beberapa masalah riil yang terjadi di dalam pelaksanaan tugas-tugas guru di kelas terutama dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS yang peneliti hadapi yakni, 1) Kurangnya buku penunjang kegiatan pembelajaran, 2) Kurangnya upaya siswa untuk menemukan bahan/materi pelajaran dari berbagai sumber, 3) Pemahaman dan cara guru untuk melaksanakan penilaian autentik belum memadai, 4) Rubrik penilaian yang ada dalam buku guru IPS belum bisa dilaksanakan sepenuhnya oleh guru, 5) Sebagian besar keaktifan dan efektivitas belajar siswa belum sesuai harapan sehingga berimplikasi pada ketidak tuntasan hasil belajarnya, 6) Pembelajaran kreatif, inovatif dan  menyenangkan (Stratergi Kartu Berpoint) dalam kurikulum 2013 yang telah diterapkan oleh peneliti masih dalam tahap penjajakan atau masih sebatas hipotesa.

        Kebanyakan tanggapan guru tentang implementasi kurikulum 2013 adalah biasa dilaksanakan namun membutuhkan waktu dan bimbingan dari pihak-pihak tertentu. Hal ini memang benar adanya, sebab  sebelum mengikuti pelatihan,  peneliti belum memiliki penahaman yang mendasar tentang implementasi kurikulum 2013, namun setelah mengikuti pelatihan  implementasi kurikulum 2013,  maka  peneliti telah memiliki beberapa pemahaman tentang implementasi kurikulum 2013, diantaranya ; (1) Proses pembelajaran wajib dalam bentuk saintifik, (2) Buku guru dan buku siswa membutuhkan analisis dan pengembangan dari berbagai pihak, (3) Proses dan penilaian pembelajaran di arahkan untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. (4) Model, pendekatan, strategi pembelajaran mengacu pada anjuran kurikulum 2013 dan sangat bisa untuk dikembangkan sesuai kemampuan dan kreatifitas guru.

      Dengan pemahaman di atas, peneliti mencoba mengembangkan Strategi Kartu Berpoint dan Skenario Meteri Pembelajaran  berbasis Kurikulum 2013. Dan dari beberapa tema yang telah dicobakan, peneliti menemukan sejumlah realita, seperti : 1) Meningkatnya upaya siswa untuk menemukan bahan/materi pelajaran dari berbagai sumber, 3) Terlaksananya penilaian autentik yang sangat baik oleh guru melalui penggunaan Strategi Kartu Berpoint, 4) Terciptanya rubrik penilaian (modifikasi)  yang relevan dengan kurikulum 2013, 5) Sebagian besar keaktifan dan efektivitas belajar siswa sudah sesuai harapan sehingga berimplikasi pada ketuntasan hasil belajarnya, 6) Memunculkan hipotesa bahwa penggunaan Stratergi Kartu Berpoint dan Skenario materi Pembelajaran dalam pembelajaran IPS pada kurikulum 2013 merupakan salah satu metode yang efektif untuk dapat dibuktikan keabsahannya melalui penelitian ini, walaupun hal ini sebelumnya pada KTSP telah terbukti secara ilmiah keabsahannya dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Sariono (2013 : 31 )

       Atas dasar fakta yang telah diuraikan di atas, peneliti akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan kembali Strategi Kartu Berpoint, dan membuat Skenario Materi Pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, dengan judul  : “ Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Kartu Berpoint Dan Skenario Materi Pembelajaran Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Wangi-Wangi Selatan (Sub-sub tema : 4.  Melawan Keserakahan Penjajah.

B.       Rumusan Masalah
      Rumusan masalah yang diajukan dalam proposal Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Apakah Melalui Strategi Kartu Berpoint  Dan Skenario Materi Pembelajaran Dapat  Meningkatkan  Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS  Di Kelas VIII.3  SMP Negeri 1 Wangi-Wangi Selatan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar