PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
UPAYA PENINGKATAN
KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
MELALUI STRATEGI
KARTU BERPOINT
DAN SKENARIO MATERI PEMBELAJARAN
DI KELAS VIII.3
SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI SELATAN
(Pada Tema 1 : Keunggulan
Lokasi Dan Kehidupan Masyarakat Indonesia )
OLEH PENELITI :
SARIONO, S. Pd
NIP. 19771218
200502 1 002
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN WAKATOBI
SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI SELATAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Salah satu unjung tombak yang berperan
menentukan sasaran pencapaian
tujuan pendidikan nasional adalah berada di tangan guru yang melaksanakan
pembelajaran. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kelas, guru bukan tidak
memiliki sejumlah masalah. Beberapa masalah riil yang terjadi di dalam pelaksanaan
tugas-tugas guru di
kelas terutama dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS yang peneliti hadapi yakni, 1) Kurangnya buku penunjang
kegiatan pembelajaran, 2) Kurangnya upaya siswa untuk menemukan bahan/materi
pelajaran dari berbagai sumber, 3) Pemahaman dan cara guru untuk melaksanakan
penilaian autentik belum memadai, 4) Rubrik penilaian yang ada dalam buku guru IPS
belum bisa dilaksanakan sepenuhnya oleh guru, 5) Sebagian besar keaktifan dan efektivitas
belajar siswa belum sesuai harapan sehingga berimplikasi pada ketidak tuntasan hasil
belajarnya, 6) Pembelajaran kreatif, inovatif dan menyenangkan (Stratergi Kartu Berpoint) dalam kurikulum 2013 yang telah
diterapkan oleh peneliti masih dalam
tahap penjajakan atau masih sebatas hipotesa.
Kebanyakan tanggapan guru tentang implementasi kurikulum
2013 adalah biasa
dilaksanakan namun membutuhkan waktu dan bimbingan dari pihak-pihak tertentu. Hal ini memang benar
adanya, sebab sebelum mengikuti pelatihan, peneliti belum memiliki penahaman yang mendasar
tentang implementasi kurikulum 2013, namun setelah mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013, maka
peneliti telah memiliki beberapa pemahaman tentang implementasi
kurikulum 2013, diantaranya ; (1) Proses pembelajaran wajib dalam bentuk saintifik, (2) Buku
guru dan buku siswa membutuhkan analisis dan pengembangan dari berbagai pihak,
(3) Proses dan penilaian pembelajaran di arahkan untuk meningkatkan kompetensi
sikap, pengetahuan dan keterampilan. (4) Model, pendekatan, strategi
pembelajaran mengacu pada anjuran kurikulum 2013 dan sangat bisa untuk
dikembangkan sesuai kemampuan
dan kreatifitas guru.
Dengan
pemahaman di atas, peneliti mencoba mengembangkan Strategi Kartu Berpoint dan
Skenario Meteri Pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Dan dari beberapa tema yang telah dicobakan,
peneliti menemukan sejumlah realita, seperti : 1) Meningkatnya upaya siswa
untuk menemukan bahan/materi pelajaran dari berbagai sumber, 3) Terlaksananya
penilaian autentik yang sangat baik oleh guru melalui penggunaan Strategi Kartu Berpoint, 4) Terciptanya
rubrik penilaian (modifikasi) yang
relevan dengan kurikulum 2013, 5) Sebagian besar keaktifan dan efektivitas
belajar siswa sudah sesuai harapan sehingga berimplikasi pada ketuntasan hasil
belajarnya, 6) Memunculkan hipotesa bahwa penggunaan Stratergi Kartu Berpoint dan Skenario
materi Pembelajaran dalam pembelajaran IPS pada kurikulum 2013 merupakan salah satu metode yang
efektif untuk dapat dibuktikan keabsahannya melalui penelitian ini, walaupun hal
ini sebelumnya pada KTSP telah terbukti secara ilmiah keabsahannya dalam sebuah Penelitian
Tindakan Kelas. Sariono (2013 : 31 )
Atas dasar fakta yang telah diuraikan di atas,
peneliti
akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan
menerapkan kembali
Strategi Kartu Berpoint,
dan membuat Skenario
Materi Pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, dengan judul : “ Upaya
Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Kartu
Berpoint Dan Skenario Materi Pembelajaran Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Wangi-Wangi Selatan (Sub-sub tema : 4. Melawan
Keserakahan Penjajah.
B. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah yang diajukan dalam
proposal Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Apakah
Melalui Strategi Kartu Berpoint Dan Skenario Materi Pembelajaran Dapat Meningkatkan
Kompetensi Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS Di Kelas VIII.3 SMP Negeri
1 Wangi-Wangi Selatan ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar